Prestasi Mahasiswa

FISIP Juara 1 : Lomba Debat Bahasa Inggris Tingkat Untan

Mahasiswa FMIPA Untan Raih Medali Perak Olimpiade Nasional

untan juara

Foto : Yulianto tengah bersama dua oang rekannya, dan dosen pembiming saat mendapatkan medali perak pada Olimpiade Nasional Matematka dan Ilmu Pengetahuan Alam Perguruan Tinggi (ON MIPA-PT) di hotel Kartika Candra Jakarta

Pontianak, thetanjungpuratimes.com – Mahasiswa Fakultas Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika (MIPA) Universitas Tanjungpura (Untan) mengukir prestasi tingkat nasional.

Prestasi itu yakni menyabet medali perak dalam Olimpiade Nasional Matematka dan Ilmu Pengetahuan Alam Perguruan Tinggi (ON MIPA-PT) di hotel Kartika Candra, Jakarta, yang digelar selama empat hari, mulai 23 sampai 26 Mei 2016.

Dosen FMIPA Untan, Joko Sampurno mengatakan, mahasiswa Untan yang berhasil meraih medali itu adalah Yulianto yang meraih medali perak pada bidang fisika yang diperlombakan oleh panitia.

Untan, kata Joko, adalah satu-satunya kampus di luar jawa yang berhasil meraih medali.

Ia mengatakan untuk mengikuti olimpiade tingkat nasional itu, peserta terlebih dahulu harus melewati tiga tahapan, yakni tahap Univeritas, yang kedua adalah tahap regional Kalimantan, dan tahap yang ketiga baru tahap nasional.

“Tahap Universitas kemarin kalau tidak salah saya akhir Februari atau awal Maret kita laksanakan di Auditorium Untan, waktu itu ada sekitar 400 lebih peserta yang ikut, dari situ kita dapat lima pemenang dari masing-masing kategori,” ucapnya.

Pemenang tersebut, kata Joko, dibimbing khusus untuk nantinya ikut serta ke tingkat regional di Banjarmasin.

“Jadi yang ikut di Banjarmasin olimpiade tingkat regional Kalimantan, ada 12 orang dari Untan, setelah itu Dikti menilai untuk menyeleksi yang boleh ikut ke level nasional, Allhamdulillah waktu itu kita lolos tiga orang, yaitu Irwan Setiadi dari FKIP, Yulianto dari Fisika Mipa, dan Sahri dari Kimia Mipa, nah tiga orang ini lolos ke level nasional,” jelasnya.

Di level nasional, lanjut Joko, pemenangnya dibagi menjadi empat kategori, yaitu kategori yang pertama  medali emas yang dimenangkan oleh tiga peserta terbaik, yang ke dua adalah medali perak, yang di menangkan oleh lima peserta, dan yang ke tiga yaitu medali perunggu yang dimenangkan oleh tujuh peserta, dan juara harapan dimenangkan oleh lima pemenang.

“Jadi totalnya per bidang ada 20 pemenang, Allhamdulilah dari 20 orang itu kita kita mendapatkan medali di bidang fisika, ini adalah medali perak yang kedua, yang pertama didapatkan pada tahun 2013,” ucapnya.

(Agus/Dede)

sumber: thetanjungpuratimes.com

Mahasiswa Untan Raih Medali di Gemastik 8 UGM Kategori Network Security

 

Untan Sabet Juara Tiga Nasional Kontes Web Programming

Mahasiswa Untan Raih Juara 3 Nasional Lomba Karya Tulis Ilmiah

Robi Nusantara, Untan Torehkan Prestasi Tingkat Nasional