Pontianak, FISIPUNTAN. Roadshow sosialisasi pemeringkatan Untan hari ke-4 dilaksanakan  di FISIP Untan pada Jumat (11/03). Kegiatan dimulai dengan sambutan Dekan, Dr.H.Martoyo yang mengapresiasi seluruh tim yang dikomandani Dr.Arif Bijaksana Putra Negara.

Kegiatan sosialisasi pemeringkatan ini penting dilaksanakan sebagai bagian dari upaya peningkatan ranking Untan di berbagai sistem pemeringkatan yang ada. Peringkat Untan itu sendiri merupakan konsekuensi logis dari capaian kinerja dan tata kelola yang diterapkan, baik dalam konteks delapan Indikator Kinerja Utama (IKU), pangkalan data perguruan tinggi (PDDikti), dan sistem-sistem terkait lainnya.


Peringkat UNTAN pada Januari 2021 mengalami peningkatan,  untuk klaster perguruan tinggi di lingkup Kementrian (https://klasterisasi-pt.kemdikbud.go.id/)berada di rangking = 58 (sebelumnya 62). Peringkat Untan di Webometrics (https://www.webometrics.info/en/Asia/Indonesia)  Rangking = 65 (sebelumnya 119) sedangkan pada sistem 4ICU (https://www.4icu.org/id/) Untan di Rangking = 65 (sebelumnya 67).

Peningkatan spektakuler terjadi pada sistem peringkat Kemahasiswaan (http://simkatmawa.kemdikbud.go.id/) dimana Untan melesat di Rangking 63 (sebelumnya 408).

Kondisi pemeringkatan Untan ini diharapkan dapat semakin baik dan menguat melalui perbaikan dan penataan diberbagai aspek. Dalam paparannya, ketua tim pemeringkatan Untan, Dr.Arif BPN menyampaikan bahwa ada beberapa program yang menjadi prioritas untuk meningkatkan posisi peringkat Untan di klasterisasi Kementerian, Webometrics, 4ICU, dan GUI Metrics.

Program-program tersebut antara lain: JALE (Program Jabatan Lektor Kepala, Ketua: Dr.Nurmainah, S.Si, MM, Apt), Pemetaan PD-Dikti (Ketua: Vitryan Esva, SE, M.S.A), MBKM (Ketua: Agus Syahrani, S.Pd, M.M.S.Ling), Optimalisasi Tracer Study (Ketua: Dr.Eng.Ferry Hadary,ST, M.Eng), Jurnal dan Artikel Mahasiswa (Dr.Arif Bijaksana Putra Negara) ,  UI-Green Metrics (Ketua: Irwan Lovadi, P.hD), dan Webometrics (Lomba blog, Website Sekolah/Desa/Pesantren).

Dr.Herry Sujaini menyampaikan bahwa Peringkat Untan di webometric meningkat menjadi 65 (sebelumnya 119).  Anggota tim yang juga dikenal sebagai Kepala UPT.TIK Untan ini merincikan peningkatan tersebut terjadi pada komponen penilaian:

Impact rank : 53 (web site seluruh Untan)
Openess rank : 17 (google scholar)
Excellence Rank : 70 (scopus)

Menurutnya,  Untan sudah kuat di publikasi dan penglolaan jurnal nasional, tapi masih perlu peningkatan publikasi internasional bereputasi.

Sosialisasi di FISIP Untan ini dimoderasi Wakil Dekan I, Dr.Herlan yang juga menghadirkan jajaran pejabat terkait di lingkup jurusan, prodi, dan tata usaha. Kegiatan berlangsung secara hybrid, ada yang dilaksanakan luring dan daring.

Secara luring, tampak hadir Dr.H.Martoyo (Dekan), Dr.Herlan (Wadek 1), Drs.Sabran Achyar, M.Si (Wadek 3), Dr.Syf.Ema Rahmania (Kajur), Dr.Rusdiono (Sekjur), kaprodi, dosen, dan tendik lainnya.

Tim sosialisasi sendiri telah melaksanakan road show sejak 08 Maret dimulai dari FEB, FH, FKIP, dan sekarang FISIP. Selanjutnya secara maraton tim akan berkunjung ke fakultas lain mulai Senin, di Kehutanan, MIPA, Pertanian, Kedokteran dan Fakultas Teknik

Bravo tim dan untan sukses!!


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder