Program Studi

 

Program Studi - Kampus FISIP Gedung F

Program Studi FISIP Untan – Sentra Perubahan

Program Studi FISIP Untan

Program Studi FISIP Untan. Dalam satu dasawarsa terakhir, FISIP Untan mengalami perkembangan yang cukup berarti, dari semula hanya memiliki 2 program studi dengan 2 jurusan, kini bertambah menjadi 14 program studi terdiri dari 3 program studi jenjang diploma 3, 8 program studi jenjang s-1, dan 3 program studi jenjang s-2. Dengan program studi sebanyak itu, FISIP Untan termasuk peringkat ke-3 fakultas dengan mahasiswa terbanyak setelah Fakultas Ekonomi dan Fakultas IKIP Universitas Tanjungpura.

Perkembangan tersebut berupa adanya program studi baru seperti ilmu politik, ilmu komunikasi, ilmu pemerintahan, antropologi sosial, dan pembangunan manusia (dulu sosiatri), juga diiringi dengan perbaikan dan penambahan sarana prasarana gedung dan ruang kuliah seperti rehabilitasi gedung B, penambahan gedung D, E dan F.

Program Studi FISIP Untan

Program Studi FISIP Untan

Jenjang dan Program Diploma 3 (S0)

  1. Administrasi Perkantoran

  2. Kesekretariatan

  3. Kearsipan

Jenjang Strata-1 (S1) Ilmu Administrasi:

  1. Ilmu Administrasi Negara

  2. Ilmu Politik

  3. Ilmu Pemerintahan

  4. Ilmu Komunikasi

  5. Hubungan Internasional

Jenjang Strata-1 (S1) Sosiologi:

  1. Sosiologi

  2. Pembangunan Manusia

  3. Antropologi Sosial

Jenjang Strata-2 (S2) Program Magister

  1. Ilmu Administrasi Negara

  2. Ilmu Politik

  3. Sosiologi

Sampai kini FISIP terus meningkatkan mutu pendidikan dan layanan kepada masyarakat melalui pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi, baik darma pengajaran, darma pengabdian dan darma penelitian. Berbagai pendekatan sejak dari masa penerimaan mahasiswa baru, perkuliahan, wisuda hingga mengikat alumni kedalam suatu wadah kegiatan yang bernama IKA (Ikatan Alumni) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tanjungpura.

FISIP Untan juga senantiasa berupaya menjadi bagian dari sentra perubahan yang bersifat solutif dan konstruktif dalam pembangunan manusia Indonesia seutuhnya yang ber-Imtaq, ber-IPTEK, dan berakar pada jati diri bangsa dengan berpegang teguh pada pilar Pancasila, UUD45, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika.

FISIP Untan juga berorientasi pada paradigma baru yang bertumpu pada penguatan Ristek  Dikti sebagai instansi induk dalam tata kelola birokrasi dengan melaksanakan rencana strategis dibidang pembelajaran dan kemahasiswaan (Belmawa), institusi, sumber daya, riset dan inovasi.

FISIP Untan senantiasa responsif dan adaptif terhadap kemajuan multisektor utamanya pemanfaatan teknologi informasi dalam peningkatan mutu pembelajaran berbasis e-learning, layanan elektronis berbasis internet dan mengimbangi rekayasa teknologi tersebut dengan rekayasa sosial secara bertahap dan berkelanjutan.