Dosen FISIP Antusias ikuti Sosialisasi e-Learning dan pelatihan LMS Untan

Pontianak, FISIPUNTAN. Usai sukses melaksanakan Bimtek BKD, jeda sehari setelahnya FISIP UNTAN menggelar Sosialisasi e-learning kepada dosen seluruh prodi dilingkungan FISIP. Peserta yang hadir dari dosen lintas generasi ini, juga tampak bersemangat mengikuti sesi sosialisasi dan pelatihan e-learning.

Kali ini pimpinan fakultas menghadirkan tim dari Pusat e-Learning Universitas Tanjungpura di aula Program Magister Ilmu Sosial, pada Kamis (13/08). Tim yang mendampingi dosen dalam pelatihan e-learning FISIP  dipimpin langsung oleh Ketua Pusat e-Learning Untan, Eva Faja Ripanti, Ph.D.

Learning Management System (LMS) Untan adalah sistem pendukung pembelajaran daring oleh dosen kepada mahasiswa, yang terintegrasi SIAKAD.  Dosen dan mahasiswa yang memiliki akun SIAKAD akan dapat mengakses LMS ini untuk mengelola kelas mata kuliah dan proses belajar secara daring.

Sosialisasi e-learning FISIP Untan

Dosen Antusias Mengikuti Sosialisasi e-learning FISIP Untan

Sosialisasi e-learning ini  adalah upaya bidang akademik yang penting bagi dosen FISIP, agar perkuliahan kedepan tetap berjalan dalam kondisi apapun.Ujar Dr.Herlan dalam sambutannya.

“Kita dapat menggunakan LMS Untan untuk fungsi sebagai suplemen, seperti bertukar materi, mahasiswa mengumpulkan tugas. Fungsi kedua adalah sebagai komplemen atau tambahan dimana mahasiswa sudah diwajibkan untuk mempelajari materi, mengerjakan kuis, tugas dan lainnya. Fungsi yang lebih menantang adalah substitusi dimana semua proses pembelajaran fully online, ini harus didukung oleh sistem yang kuat”.  Kata narasumber, yang akrab disapa bu Eva.

Pusat e-learning yang dipimpin dosen teknik informatika ini tergolong intensif dalam kegiatan sosialisasi, workshop, pelatihan, pendampingan dan bimtek lainnya di lingkungan Untan. Pada awal Juli – pertengahan Agustus ini saja, hampir setiap minggu ada kegiatan pelatihan menggunakan LMS Untan. Baik yang diprakarsai rektor  untuk jajaran rektorat dan dekan fakultas. Ada pula yang digagas oleh komunitas dosen di Fakultas Hukum, pengurus  LP3M, prodi di Fakultas Teknik, Faperta, FMIPA, PGSD-FKIP dan FISIP. Selain itu, Pusat e-learning juga telah melaksanakan program pelatihan 4 sesi dalam 2 hari bagi dosen Untan pada 5-6 Agustus lalu.

Dengan adanya sosialisasi e-learning ini dapat meningkatkan pemahaman kita terhadap pembelajaran daring yang penting diselenggarakan dalam situasi pandemi ini. Demikian arahan Dekan, Dr.H.Martoyo saat membuka resmi kegiatan.(Redaksi)

Foto by Nurwijayanto, M.Si

 

Sosialisasi e-learning FISIP Untan

Dr.Herlan Wadek 1) Sosialisasi e-learning FISIP Untan

Sosialisasi e-learning FISIP Untan

Eva F Ripanti, Ph.D. (narasumber) Sosialisasi e-learning FISIP Untan

Sosialisasi e-learning FISIP Untan

Dr.Ira Patriani (Kajur.Ilmu Administrasi) Sosialisasi e-learning FISIP Untan

Sosialisasi e-learning FISIP Untan

Dosen FISIP Peserta – Antusias ikuti Sosialisasi e-learning FISIP Untan

Sosialisasi e-learning FISIP Untan

Sosialisasi e-learning FISIP Untan

Leave a Reply