FISIP UNTAN Berduka: Dr.H.Ngusmanto Wafat

Pontianak, FISIP UNTAN. Pagi diawal Agustus (02/08/2018), FISIP Untan kembali kehilangan seorang dosen terbaiknya. Dr.H.Ngusmanto wafat menjelang 4 hari kelahirannya yang ke-58 tahun. Beliau lahir di Semarang, 6 Agustus 1960 dan sejak April 1987 menjadi staf pengajar S1 dan S2 (2002) pada program studi Ilmu Administrasi Negara (publik) di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tanjungpura Pontianak.

Dalam profil pribadi yang dimuat dalam website personal-nya pada laman: http://dosen.fisipuntan.org/ngusmanto/ sekilas catatan akademis, riset dan aktivitas pengabdian masyarakat beliau. Dr.Ngusmanto lulus S3 pada program studi Ilmu Administrasi Publik FISIP Universitas Padjajaran 24 Juli 2012 dan telah banyak menulis artikel yang dipublikasi melalui jurnal ilmiah Fakultas, Universitas baik jurnal nasional maupun internasional (terindeks Scopus). Salah satu karya beliau yang berjudul Pilkada 2015 and Patronage Practice among Bureaucrat in West Kalimantan, Indonesia, terbit di jurnal internaional The Canadian Center of Science and Education (CCSE) .

Semasa hidupnya beliau juga aktif menulis di media massa serta seminar di dalam dan di luar negeri. Buku yang pernah ditulis dan diterbitkan pada tahun 2013 bertema: Perilaku Birokrasi Dalam Formulasi Kebijakan Umum Anggaran. Buku terbaru yang ia tulis (April 2015) adalah Pemikiran dan Praktek Administrasi Pembangunan.

Dalam kiprah jabatan institusi dan pengabdian masyarakat, Dr.Ngusmanto pernah menjabat ketua KKN Untan, Direktur Program Diploma III, Wakil Ketua II Program Magister Ilmu Sosial dan ketua Lembaga Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Tanjungpura. Di luar tugas pokok, ia juga menjadi aktivis Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) yaitu Lembaga Konsumen Indonesia (LKI) Kalimantan Barat (Kalbar) sebagai ketua I dan Pengurus Dewan Daerah Forum Analisis Keterwakilan dan Transparansi Anggaran (FAKTA) Kalbar serta Direktur Lembaga Pendidikan Alqadrie Center sejak tahun 2013.

Dekan FISIP Untan, Drs.Sukamto, M.Si beserta para pelayat dari kalangan keluarga, kerabat, kolega sejawat dari komunitas dosen civitas Untan dan eksternal, juga mahasiswa dan alumni ramai bertakziah dan turut menghantar jenazah turun dari rumah duka Jalan Karangan Kompleks Untan sekira pukul 11, dan dilepas oleh Wakil Dekan I FISIP Untan, Dr.Herlan menuju Masjid Al Muhtadin.

Jenazah Dr.Ngusmanto disholatkan oleh ratusan jemaah yang memenuhi shaf Masjid Al Muhtadin Untan, bada’ Sholat Zuhur. Rektor Untan, Prof.Thamrin Usman, turut hadir dan menyampaikan ungkapan duka civitas akademika Universitas Tanjungpura. Untan kehilangan sosok dosen yang berdedikasi dan berkompeten mencerdaskan kehidupan bangsa di Kalimantan Barat kata Rektor, untuk selanjutnya beliau turut serta mengantar hingga ke pemakaman di Parit H Husin 2.

Leave a Reply