“How to be a Broadcaster”, Talkshow Progja HIMAKOM

Pontianak, IKOM FISIP UNTAN-Mahasiswa Ilmu Komunikasi, dituntut untuk memahami dunia media massa, diantaranya radio. Fenomena radio dengan ”theatre of mind” atau membangun imajinasi di dalam fikiran dengan menggunakan kekuatan audio, memiliki tantangan tersendiri. Bukan rahasia, bila seseorang mampu menjadi penyiar radio yang baik, maka dia dapat dikatakan telah menjadi seorang komunikator yang handal.

Himpunan Mahasiswa Ilmu Komunikasi (HIMAKOM) FISIP Universitas Tanjungpura menyiapkan program kerja untuk memberikan edukasi bidang ilmu komunikasi kepada para anggotanya melalui sebuah kegiatan “how to be a broadcaster”, yaitu kegiatan talkshow yang menghadirkan dua orang penyiar Lembaga Penyiaran Publik Radio Republik Indonesia (LPP RRI) Pontianak yakni  Andre Widiyanto dan Irga Septy Miranda.  Kegiatan ini diselenggarakan pada hari Jum’at, 3 November 2017, bertempat di Aula Gedung Magister FISIP UNTAN. Acara yang berlangsung sejak pukul 08.00 hingga 10.00 WIB ini menjadi ajang berbagi pengalaman dan pemahaman informasi mengenai dunia radio. Dalam kegiatan ini juga terselip atraksi dari para penyiar yang menunjukkan kepiawaiannya dalam membawakan acara program radio.

Dalam kegiatan ini, para peserta talkshow yang terdiri dari mahasiswa prodi Ilmu Komunikasi FISIP UNTAN angkatan 2014, 2015, 2016, dan 2017 antusias mengikuti. Di akhir acara, para peserta menjajal kemampuannya untuk menjadi penyiar, dan mendapat tanggapan langsung dari para penyiar LPP RRI Pontianak.

 

 

Leave a Reply