Neneng Nursanah : Pencak Silat dalam Kirab Budaya

Pontianak, IKOM FISIP UNTAN-Kirab Budaya merupakan pagelaran etnis kebudayaan yang ada di Pontianak dengan menampilkan berbagai ciri khas kebudayaan masing-masing etnis.  Parade ini digelar disepanjang jalan Gajahmada dalam rangka HUT Pontianak ke 246 pada minggu 22 Oktober 2017.

Sebagai satu diantara partisipan yang ada,  saya mewakili dari perguruan pencak silat yang namanya cukup besar di Pontianak yaitu PSHT (Persaudaraan Setia Hati Terate). Persaudaraan Setia Hati Terate merupakan perguruan pencak silat yang berasal dari Madiun. Meskipun begitu, PSHT  sudah berkembang di berbagai wilayah termasuk Pontianak.

Saya merasa bangga bisa menjadi bagian dari PSHT dan mewakili PSHT di Kirab Budaya pada HUT Pontianak ke 246. Ratusan anggota PSHT  memenuhi dan menghitamkan Jalan Gajahmada. Disana kami membaur menjadi satu dengan berbagai etnis yang ada di Pontianak. Para anggota PSHT  sembari menyusuri jalan, sesekali melakukan sambung (sparing) massal dengan sesama anggota.

Bagi saya dengan mengikuti pencak silat,  saya sudah melestarikan budaya asli Indonesia agar tidak hilang di negeri sendiri karena sekarang ini sudah banyak beladiri yang masuk ke Indonesia. Saya juga berharap dengan adanya kegiatan kirab budaya ini, masyarakat kota Pontianak menjadi lebih mengetahui berbagai macam etnis dan budaya yang ada di Pontianak serta meningkatkan nilai pariwisata yang ada di Pontianak. (Neneng)

Leave a Reply