Literasi Media Bersama HIMAKOM

Siapa yang tak kenal dengan Ilmu Komunikasi?

Pontianak, IKOM FISIP UNTAN-Salah satu kajian ilmu yang cukup banyak diminati di era sekarang.  Banyak diminati bukan tanpa alasan, salah satunya adalah karena untuk berbagi pengetahuan terhadap sesama sehingga dapat bermanfaat melalui teori dan praktek komunikasi yang sebaik-baiknya dan dengan sebenarnya.

Media merupakan salah satu alat untuk berkomunikasi. Tak banyak yang mengerti apa sebenarnya manfaat dari sebuah media itu sendiri, terlebih semakin pesatnya penyebaran informasi yang terkadang semakin susah untuk dipilah-pilih jika kita sendiri tidak cerdas dalam menyikapinya.  Maka dari itu hadirlah pengenalan literasi media terhadap anak-anak dibawah umur yang difokuskan kepada siswa Sekolah Dasar.

Kegiatan ini merupakan salah satu agenda anak ilmu komunikasi yang tentunya dikemas dengan semenarik mungkin bagi sasarannya melalui Himpunan Mahasiswa Ilmu Komunikasi(HIMAKOM) agenda ini dilaksanakan pada sebuah sekolah dasar swasta di kota Pontianak. Tujuannya agar anak-anak dibawah umur seperti siswa SD dapat memilih dan memahami dengan baik apa saja yang layak untuk mereka konsumsi dari sebuah media. Karena seperti yang kita ketahui sekarang ini terlalu banyak konten negatif yang mudah diakses dan susah untuk dihilangkan. Kegiatan Literasi Media ini dilakukan di Sekolah Dasar Swasta Mujahidin Pontianak pada hari Kamis 4 Oktober, 2017. Fokusnya adalah anak sekolah dasar yang duduk di bangku kelas enam.

Pada kegiatan ini dikenalkan kepada siswa SD tersebut apasih sebenarnya literasi media itu, kemudian dijelaskan bagaimana menggunakan media itu sendiri dengan baik, dan apa saja dampak positif maupun negatif dari penggunaan sebuah media. Tujuannya agar mereka tidak salah dalam memilih konten dan mengkonsumsi isi dari sebuah media. Karena, anak kelas enam SD masih cukup muda untuk menghadapi kejamnya dunia yang dibuat oleh sebuah media. Tak hanya sekedar menjelaskan, namun pada kegiatan ini juga diisi oleh games menarik yang dibarengi pemberian hadiah bagi para peserta.

Peserta yang terlibat adalah siswa kelas 6B SD Swasta Mujahidin Pontianak yang berjumlah kurang lebih 40 orang satu kelasnya. Kegiatan Literasi Media ini dimulai pukul 10.00-12.00 WIB. Meskipun sudah terbilang siang hari dengan suasana kelas yang sudah mulai panas, siswa-siswi tersebut antusias mendengarkan penjelasan dan terlihat dari bagaimana mereka memeberikan respon pada saat sesi games dan tanya jawab. Pengenalan ini dilakukan oleh dua teman prodi Ilmu Komunikasi Rezqy Septy Yoza dan Gheby Maulia Hastari. Karena Ilmu Komunikasi tak hanya sekedar bisa berbicara atau berkomunikasi, tetapi Ilmu Komunikasi juga bagaimana kita bisa mempengaruhi seseorang untuk berpikiran yang sama dengan apa yang kita pikirkan sehingga nanti pada akhirnya tujuan bersama dapat tercapai.

Leave a Reply