Berlatih Buat Presentasi Dengan Beralih Ke Google Slide

Tags:

Pontianak, Dosennews. Berlatih Buat Presentasi Dengan Beralih Ke Google Slide. Aplikasi google untuk pendidikan (Google Apps For Education) telah memberikan banyak manfaat bagi kemudahan pembelajaran daring yang interoperable  dengan aplikasi lain semacam MOODLE e-learning.

Berlatih Buat Presentasi Dengan Beralih Ke Google Slide

Komunitas kampus yang biasanya menggunakan  power point produksi microsoft versi desktop. Kini mulai berselera menggunakan google slide untuk membuat presentasi daring yang mudah dan kreatif.

Seperti tampak pada pelatihan GAFE Google Slide oleh Komunitas Penggiat Teknologi Informasi  (KOMPETISI) pada Jumat (21/4) di laboratorium komputer FISIP Untan.

Pelatihan yang berlangsung sejak pukul 08.00-16.00 ini dilaksanakan dalam tiga sesi, diikuti sekira 80 peserta.

Instruktur pelatihan memberikan penjelasan mengenai prinsip, konsep dan teknis menggunakan aplikasi google slide. Peserta tampak antusias dan serius menyimak penjelasan yang disampaikan, karena mereka harus menerapkan paparan tersebut disesi latihan berikutnya.

“Kita mulai dengan memahami kriteria standar presentasi, isi presentasi yang bisa dikembangkan, dan metode teknis pengoperasian GSlide dipadukan dengan MOODLE”. Kata Deni Darmawan, selaku pemateri.

Lebih lanjut dijelaskan oleh pemateri mengenai kriteria standar yang harus dipenuhi dalam membuat presentasi.

Secara empirik, kriteria suatu presentasi yang baik dapat dilihat dari sistematika, kejelasan, fokus, tampilan, keterkaitan dan daya tarik seluruh slide yang disajikan presenter. Kata penggiat teknologi internet yang akrab disapa pa’Dendar ini.

Dalam isi presentasinya, pemateri menjelaskan sepuluh point yang perlu dicoba langsung oleh peserta.

“Peserta diharapkan dapat mengembangkan ide kreatifnya untuk setiap point, berupa paduan teks dan gambar yang efektif, informatif dan komunikatif.” Kata Deni sekaligus merincikan maksud dari sepuluh point pelatihan.

Seperti membuka Google Slide, membuat File GSlide baru, membuka File GSlide lama, mengimport file ppt, menata laman import, membuat Slide baru dengan pilihan layout, membuat bagan alir, membuat hyperlink, publikasi dan penyerahan link di portal Moodle.

Sedangkan untuk metode dan teknik pengolahan data dilakukan dengan kombinasi tiga macam metode yakni: metode luring/offline (open ppt di desktop dan buat ppt di desktop), metode daring/online (buka GSlide, import file, buat slide baru), dan metode e-Learning (publikasi slide, penyerahan di moodle). 

Untuk memudahkan peserta, pelatihan ini juga menyediakan 4 macam tutorial video yang memandu secara teknis cara mengoperasikan google slide untuk pemula.

Hasil pelatihan ini juga dapat diukur dengan memanfaatkan fitur assigment pada sistem Moodle. Sehingga diketahui tingkat pemahaman peserta terhadap materi yang disampaikan.

“Sudah 47,5% peserta yang memberikan umpan balik berupa penyerahan hasil presentasi Google Slide yang dibuat mereka”. Pungkas Deni. (dd98)

Leave a Reply