Sosialisasi Bidikmisi: Kabupaten Seluma, Bengkulu

Tags:

Seluma – Belmawa. Sosialisasi Bidikmisi: Kabupaten Seluma, Bengkulu. Setiap masyarakat memiliki kesempatan yang sama untuk memperoleh pendidikan. Luasnya negara kepulauan Indonesia mungkin menjadi kendala dalam menjangkau seluruh generasi muda, namun pemerintah melalui Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi tidak membiarkan kendala-kendala baik secara geografis maupun ekonomi menghalangi mereka untuk selangkah lebih maju dalam meraih mimpi mereka. Segala upaya dilakukan untuk memastikan pemerataan pendidikan, agar bibit-bibit calon pemimpin bangsa dapat melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

Sosialisasi Bidikmisi: Kabupaten Seluma, Bengkulu

Salah satu bentuk upaya yang dilakukan pemerintah dalam rangka memberikan kesempatan bagi seluruh masyarakat untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi adalah melalui program bantuan dana pendidikan Bidikmisi. Melalui Bidikmisi, calon-calon mahasiswa yang berprestasi secara akademik namun tidak mampu secara ekonomi diberikan kesempatan untuk melanjutkan ke perguruan tinggi yang mereka idamkan. Hal itulah yang terus digaungkan oleh Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Belmawa) melalui sosialisasi-sosialisasi ke seluruh lapisan masyarakat.

Seperti yang dilakukan oleh DDSC_9752irektorat Kemahasiswaan pada Jumat lalu (14/4), sosialisasi mengenai program Bidikmisi disampaikan secara intensif ke hadapan para kepala sekolah dan perwakilan siswa dari 20 SMA dan SMK di Kabupaten Seluma, Provinsi Bengkulu. Belmawa ingin memastikan bahwa program tersebut dapat menjadi jawaban dari harapan-harapan mereka yang memimpikan pendidikan tinggi yang terbaik namun mengalami kendala ekonomi.

“Yang mampu membangun negeri ini adalah masyarakat intelektual, yang mampu menciptakan kesejahteraan dan kemaslahatan, dan semoga dengan adanya Bidikmisi Kabupaten Seluma ke depannya akan menjadi lebih baik lagi,” ujar Mukhsin, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Seluma dalam membuka acara sosialisasi tersebut.

Menambahkan harapan tersebut, Wakil Bupati Kabupaten Semuma, Suparto, menegaskan pada seluruh Kepala Sekolah dan siswa yang hadir bahwa masa-masa Sekolah Menengah Atas adalah persimpangan untuk menentukan jalan hidup yang lebih nyata. Pernyataan tersebut dilanjutkan oleh Kepala Sub Direktorat Kesejahteraan dan Kewirausahaan Belmawa Ismet Yus Putra, yang menyampaikan bahwa seluruh siswa yang ingin melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi harus terlebih dahulu meluruskan niatnya melanjutkan kuliah untuk menuntut ilmu.

DSC_9818“Dengan niat yang kuat untuk menuntut ilmu, dunia pendidikan tinggi akan ada di genggaman tangan. Bagi yang berkendala dalam hal ekonomi, tidak perlu khawatir, karena Bidikmisi hadir untuk membantu melanjutkan kuliah di perguruan tinggi yang diinginkan, ” jelas Ismet dalam paparannya mengenai program Bidikmisi.

Melalui sosialisasi tersebut, diharapkan informasi mengenai program Bidikmisi dapat tersampaikan ke seluruh lapisan masyarakat, bahwa pemerintah tidak akan membiarkan warga negaranya terhambat dalam mengenyam pendidikan yang pantas hingga ke jenjang perguruan tinggi. (DRT/Editor/HKLI)

Leave a Reply