Mohamad Nasir : PTN Harus Jadi Agen Pertumbuhan Ekonomi

Pangkal Pinang – Mohamad Nasir : PTN Harus Jadi Agen Pertumbuhan Ekonomi. Di cuaca yang mendung disertai hujan kecil, Universitas Bangka Belitung (UBB) merayakan ulang tahunnya yang ke-11 dengan tema “Membangun Pondasi, Memperkokoh Visi Misi, Meraih Prestasi, Menuju Universitas Riset Berkelas Dunia”, yang dilaksanakan di lapangan UBB, Pangkal Pinang, Kamis (13/04).

Mohamad Nasir : PTN Harus Jadi Agen Pertumbuhan Ekonomi

Acara tersebut dihadiri langsung oleh Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Mohamad Nasir.

“Semoga Universitas Bangka Belitung kedepannya semakin maju, semakin berkembang, dan menjadi Universitas yang masuk di kelas dunia,” seru Nasir dalam sambutannya.

Menurut Nasir, UBB adalah Perguruan Tinggi Negeri (PTN) baru yang sangat berpotensi dalam mengembangkan institusinya.

“Saya berharap UBB membuat satu milestone (tonggak pencapaian), harus ada capaian unik yang didapatkan oleh UBB,” ujar Nasir yang disambut tepuk tangan oleh sivitas UBB.

Menteri Nasir menjelaskan ada beberapa proses yang harus dilalui untuk menjadi PTN yang berkembang, diantaranya, menjadi

1. Agent for Education (Menjadi Agen Pembelajaran);

2. Agent for Research and Development (Menjadi Agen Penelitian dan Pengembangan);

3. Agent for Cultural and Technology Transfer (Menjadi Agen Budaya dan Alih Teknologi);

4. Agent for Economic Development (Menjadi Agen Pertumbuhan Ekonomi).

Untuk dapat melalui proses tersebut, tambah Nasir, diharapkan seluruh PTN se-Indonesia membuat ‘Milestone’ agar memiliki target capaian yang harus dicapai dan diwujudkan, dalam rentang waktu yang sudah ditargetkan.

“PTN ini harus menjadi agen pertumbuhan ekonomi, baik melalui SDM berkualitas yang dihasilkannya, maupun hasil inovasi yang dihasilkannya. Dengan demikian sebuah PTN dapat berkembang dan menjadi sebuah PTN yang hebat,” terang Nasir.

Pada kesempatan yang sama Menteri Nasir juga melihat perkebunan pisang yang dimiliki oleh UBB, dimana pohon pisang yang biasanya hanya menghasilkan 1 tandan, dengan inovasi yang dilakukan oleh UBB, satu pohon pisang dapat menghasilkan 7 tandan. “Ini inovasi unggul dari UBB, disatu sisi membantu peningkatan ketersediaan pangan, sisi lain meningkatkan nilai ekonomi daerah sekitarnya,” tukas Nasir. (MKD)

Leave a Reply