Reuni, Seminar internasional dan peluncuran Buku HUT ke-70 Guru Besar FISIP Untan

Pontianak, Fisipnews-Reuni, Seminar internasional dan peluncuran Buku HUT ke-70 Guru Besar FISIP Untan, bertema Kebudayaan; Interaksi Sosial, Konflik dan Perdamaian. Kegiatan yang digelar tersebut dalam rangka memperingati  Hari Ulang Tahun (HUT) Ke 70 dan menjelang masa pensiun Guru Besar Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tanjungpura (Untan) Pontianak, Prof Dr H Syarif Ibrahim Alqadrie MSc, di Aula Rektoran Untan lantai III berlangsung meriah, seperti dilansir thetanjungpuratimes dan berbagai media daerah pada Sabtu (3/9).

Reuni, Seminar Internasional dan Peluncuran Buku Karya Guru Besar FISIP Untan

Reuni, Seminar internasional dan peluncuran Buku HUT ke-70 Guru Besar FISIP Untan. Humas Panitia kegiatan, Holi Hamidin, mengatakan, selaku seorang akademis Prof Syarif sapaan akrabnya, merayakan Ultahnya dengan tradisi baru, yakni dengan menggelar reuni, seminar dan peluncuran buku.

“Cara baru itu adalah meminta kolega, sahabat, teman dekat, saudara, mantan mahasiswa dan lainnya untuk memberi ‘hadiah’ berupa tulisan kesan pribadi terhadap yang bersangkutan dan karya ilmiah,” jelasnya.

Reuni, Seminar Internasional dan Peluncuran Buku Guru Besar FISIP Untan. Adapun tulisan-tulisan itu, tambahnya, dihimpun  menjadi satu buku HUT (Celebratory Book) dan diluncurkan dalam kegiatan itu.

Seminar dan Reuni Akbar Tandai HUT ke-70 Guru Besar FISIP Untan

Koordinator penulisan buku sekaligus editor,  Dr Phil Zainuddin Isman, mengatakan, untuk buku yang diluncurkan dalam reuni yang sekaligus seminar  yang dihimpun dari kolega baik yang berisi kesan pribadi penulis kepada Prof Syarif maupun sejumlah naskah ilmiah memiliki judul Kebudayaan; Intraksi Sosial, Konflik dan Perdamaian.

“Isi buku dibagi dalam tiga bagian, yaitu : Bagian Pertama berisi riwayat hidup, kedua berisi kenang-kenangan dari teman, sahabat, para mantan mahasiswa dan teman sejawat, kolega (colleagues) beliau tentang bagaimana sosok dari Prof Dr H Syarif Ibrahim Alqadrie dalam kiprahnya sebagai dosen, ilmuan dan intelektual.

berita terkait

70 Tahun Prof Dr Syarief Ibrahim Alqadrie, Ini Kegiatannya

Ditambahkannya, pada bagian ketiga berisikan tulisan ilmiah dari para pakar dan sarjana dari dalam dan luar negeri yang sangat penting untuk dibaca, terutama oleh para mahasiswa. Dalam buku tersebut berisi 14 karya ilmiah. Sedangkan untuk penulis kesan pribadi sekaligus  penulis karya ilmiah totalnya sebanyak  65 penulis dengan tebal buku 2 Cm.

Reuni, Seminar internasional dan peluncuran Buku HUT ke-70 Guru Besar FISIP Untan. Sementara itu, Prof Dr H Syarif Ibrahim Alqadrie MSc menyampaikan, terkait peringatan HUT kelahiranya yang juga bersamaan dengan usia pensiunnya sebagai tenaga pengajar dan guru besar merupakan tradisi baru di dunia akademis dan hal itu baru ke dua di Indonesia.

Baca juga:

Reuni, Seminar Internasional dan Peluncuran Buku HUT ke 70 Prof DR H Syarif Ibrahim Alqadrie MSc

Dalam kegiatan ini dihadiri dua Profesor dari Jepang yang merupakan teman karib Prof Syarif. Selain itu juga beberapa tokoh pendidikan di Indonesia, tokoh Polri dan sejumlah pejabat pemerintah, kampus dan tamu lainnya.(Faisal/Muhammad)

sumber: T3

Leave a Reply